Selasa, 07 Desember 2010

Makalah Penelitian


Pendahulu

Dalam penelitian ini ditemukan berbagai macam senajata perang tradisional yang dipakai bangsa Indonesia dalam menghadapi para penjajah. 


1.1         Latar belakang

Senjata perang tradisional adalah senjata yang di gunakan oleh para penduduk Indonesia di berbagai daerah dalam peperangan saat menghadapi penjajah. Senjata perang tradisional tidak sama dengan senjata perang yang di pakai oleh para penjajah. Senjata ini tidak lebih hebat dari senjata perang penjajah. Senjata perang ini lebih lambat dari pada senjata perang para penjajah. Dan bahan senjata ini tidak sama dengan bahan senjata penjajah yang lebih hebat itu. Senjata perang tradisional ini juga ada yang digunakan untuk kehidupan sehari-hari penduduk Indonesia dulu.

1.2         Rumusan masalah

1.      Apa bahan yang dipakai senjata – senjata perang tradisional ?
2.      Dimanakah senjata – senjata perang itu berasal ?
3.      Apa kegunaan senjata – senjata perang tradisional ?

1.3         Tujuan penelitian

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejarah kegunaan dari senjata perang tradisional



Pembahasan


Senapan Lontak

Senjata ini didapat di kabupaten kampar yang di gunakan untuk berburu. Senjata ini pernah di pakai para pahlawan Kabupaten Kampar dalam menghadapi penjajah. Sampai saat ini senapan lontak masih di pakai masyarakat daerah untuk berburu. Cara kerja senapan lontak ini dengan mengisikan peluru di mulut senapan lontak kemudian dijajalkan lalu di tembakkan. Senapan lontak ini terbuat dari besi baja.

Pistol Lontak

Senjata ini hampir sama dengan senapan lontak, tapi senjata ini lebih kecil dari senapan lontak. Senjata ini juga terdapat di daerah Kabupaten Kampar. Kegunaannya juga untuk berburu. Tetapi senjata ini sudah jarang di gunakan oleh masyarakat daerah. Senjata ini juga digunakan untuk mengusir penjajah. Cara kerjanya sama seperti senapan lontak. Senjata ini juga terbuat dari besi baja.

Bedil

Bedil atau senapang angin juga terdapat di kabupaten kampar. Senjata ini juga dapat digunakan untuk berburu, senjata ini pun pernah di gunakan untuk melawan penjajah Belanda. Samapi saat ini senjata bedil ini masih digunakan masyarakat daerah sebagai berburu. Cara kerja bedil ini lebih mudah dari pada senapan lontak dan pistol lontak. Senjata bedil ini terbuat dari besi dan kayu.

Peluru

Peluru adalah benda pengisi senjata api. Peluru di dapat di daerah kabupaten kampar. Peluru terbuat dari bahan besi.

Baju besi

Baju besi juga terdapat di daerah kabupaten kampar. Baju besi digunakan untuk melindungi diri dari senjata tajam pada saat berperang melawan penjajah. Baju besi saat ini sudah tidak dipakai lagi karna tidak sesuai lagi dengan perkembangan zaman. Baju besi ini terbuat dari besi baja.

Badik

Badik berasal dari daerah rengat, bentuknya seperti golok. Badik digunakan untuk mebela diri dan pernah digunakan pada saat mengusir penjajah. Badik saat ini sudah jarang dipakai penduduk akibat perkembangan zaman. Badik terbuat dari besi dan kayu.
Parang

Parang berasal dari daerah bengkalis. Parang banyak digunakan penduduk untuk memenuhi kebutuhannya seperti menebas rumput di ladang, persawahan, perkebunan, dll. Parang juga digunakan penduduk untuk membela diri mereka. Parang pun merupakan senjata yang pernah di pakai untuk mengusir penjajah. Sampai saat ini parang masih banyak di gunakan penduduk untuk kebutuhan hidup mereka. Parang terbuat dari besi dan kayu.

Pedang

Pedang berasal dari Indragiri Hulu. Pedang digunakan untuk membela diri dan mengusir penjajah. Pedang saat ini sudah jarang di gunakan karna perkembangan zaman. Pedang terbuat dari besi dan kayu.

Keris

Keris berasal dari Pekanbaru. Keris digunakan sebagai senjata tikam yang tajam. Keris juga dipercayai penduduk yang memiliki kekuatan supranatural. Keris saat ini digunakan sebagai budaya masyarakat setempatnya. Keris saat ini pun dijadikan sebagai pajangan rumah mereka yang dipercayai untuk penangkal makhluk halus.

 Penutup

            Kesimpulan

Senjata tradisional banyak digunakan sebagai alat pembela diri masyarakat daerahnya dan  sebagai alat untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Senjata tradisional juga sangat banyak digunakan untuk mengusir penjajah. Senjata tradisional saat ini sudah banyak di tinggalkan oleh masyarakat daerahnya akibat dari perkembangan zaman yang semakin maju seperti saat ini.

            Saran

Senjata tradisional daerah kita hendaklah jangan kita lupakan. Saat ini senjata tradisional yang kita kenal hanya beberapa, sebenarnya senjata tradisional masih banyak yang belum kita ketahui. Marilah kita kenang senjata tradisional kita dengan menaruhkan senjata tradisional tersebut di museum seperti senjata tradisional yang saya ceritakan.




Daftar Pustaka







Tidak ada komentar:

Posting Komentar